Kumbu/Gandasturi by Tuwiyah Ahmad



by Tuwiyah Ahmad

Lagi program hamil cerita nya.. hehee, mau banyakin makan kacang-kacangan salah satu nya kacang hijau, bosen kalo cuma dibikin bubur kacang hijau. Cobalah bikin bumbu untuk pertama kalinya.. Alhamdulillah hasilnya gk mengecewakan.. enak๐Ÿ˜Š


Bahan-bahan
1/4 kg kacang hijau, rendam sehari semalam
6 sdm gula pasir , atau sesuai selera
1 sdt garam
1 bungkus santan kara kecil
1 sachet susu kental manis
5 sdm terigu
secukupnya air
secukupnya minyak untuk menggoreng


Langkah

Kacang hijau yg sdh direndam, rebus sampai empuk
Setelah empuk, angkat dan tiriskan. Haluskan pakai sendok. Tingkat kehalusan nya sesuaikan dg selera masing-masing aja ya...
Setelah halus, masukkan kedalam wajan, masukkan juga 1 bungkus santan kara, 1 shacet susu kental manis, dan 1 sdt garam. Dan 5 sdm gula. Masak sampe air menyusut.
Setelah itu angkat dan dinginkan.
Setelah dingin, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan.
Ditempat lain kita siapkan untuk adonan kulitnya, campurkan 5 sdm terigu dg sir dan garam sampai tercampur rata, adonan nya dibikin agak kental aja ya...
Kemudian masukkan bulatan bulatan kumbu tadi ke dalam adonan tepung terigu kemudian goreng kedalam minyak panas dg api kecil sampai kecoklatan.
Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.. kumbu/gandasturi nya siap untuk dihidangkan...
Selamat mencoba๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š




Popular Posts

Followers