Pumpkin Mantou / Mantau Labu Kuning Menul" by Xenia Sari



by Xenia Sari

Bikin mantau buat sarapan pagi besok, request nya si adek wedok yg manja 😍😘,, pengen nya makan mantau tpi aq bikin beda,aq coba buat dari labu kuning 😁😁,,hasil nya gk mengecewakan.. Really soft 😍,, empuk dan lembyutt 😘


Bahan-bahan
110 gram labu kuning, kukus dan lumatkan
40 gram gula halus /gula bubuk
250 gram tepung terigu serbaguna (segitiga biru)
3 gram ragi instant / fermipan
3 gram baking powder (baking powder double acting lbh bagus)
1/8 sdt garam
15 gram mentega putih /margarin /minyak sayur
50-60 ml air hangat


Langkah

Campur ragi instant dan air hangat aduk rata diamkan 5 menit smpai berbuih
Dalam wadah masukkan tepung terigu, Baking powder, garam, gula halus, labu kuning yg udh di lumatkan lalu tuang air ragi aduk rata


Uleni hingga setengah kalis lalu masukkan mentega uleni lagi hingga kalis elastis, tutup pake plastik wrap atau kain basah yg bersih diamkan adonan selama 15-20 menit smpai mengembang 2x lipat (tergantung dari suhu ruangan masing")


Uleni lgi adonan sbntar saja supaya udara kluar semua,bagi adonan jadi 2 bagian. Tiap bagian gilas bentuk persegi panjang, kemudian gulung adonan,iris sesuai selera ya (punya ku saya iris jadi 4 potong) lalu diamkan lagi selama 20-25 menit smpai mengembang ringan


Sambil menunggu proofing/ mengembang didihkan air di dandang pengukus, jangan lupa tutup panci pengukus menggunakan serbet bersih supaya air tdak menetes ke adonan. Setelah mendidih masukkan mantau nya dlm panci, kukus selama 7-8 menit saja, gunakan api besar supaya cepat matang (ngukusnya jangan smpai lebih dri 8 mnit, nanti mantau nya bisa kisut / kempis)


Fresh dari dalam dandang, hasil nya genduutt, menuull 😍😍😍


Fresh dri dandang setelah di kukus,, menul menul dan empuk hasilnya 😍😍😘😘


Seperti dulu bikin bakpao hasil nya sangat memuaskan,, gendut"dan menul" 😍😍


Aaaaccccchhhhh cukaa banget atuuhh 😘😘


Punya ku jadi 8 buah.. Yg ke foto hanya 6.. Yg 2 udh di lahap duluan 😆😆😆😆


Berpori lembut bagian dalamnya 😋😋


Keliatan sangat empuk lembuutt tekstur nya.. Lope lope daahh 😍 😍


Jika pengen di simpan sampai besok.. Tinggal di kukus lgi cukup 4-5 menit aja yaa... Atau di hangatkan di dlm magicom.




Popular Posts

Followers