Pukis Banyumas, Lembut dan Wangi by WinCha



by WinCha

Wira wiri di dunia maya buat nyari resep pukis kayak abang2 gitu lho, yg lembut dan wangi. Dulu pernah sekali coba resep pukis tapi hasilnya jadi padet, klo seleraku yg lembut dan wangi seperti yang aku suka beli di depan toko dekat rumah... aseliii nagihhh...
Nah dari suami ternyata tau klo pukis itu adalah pukis banyumas, akhirnya berburulah nyari resep pukis banyumas yg enak. Dannn... di dunia maya rata2 semua pada ngasih jempol ke pukis banyumas milik mbak rina rinso...
Sore ini langsung di eksekusi resepnya, daaannnn beneran ini resep yg aku cari2, mirip dgn pukis abang2 depan toko dekat rmh... senengnya...
ijin share mbak rina...


Bahan-bahan
4 butir telur
300 gr gula pasir
500 gr tepung terigu protein sedang
1/2 bungkus ragi instan (saya pake 2 sdm)
750 ml santan dari 3 bungkus kara + air, saya cuma pake 1 bks
1/2 sdt vanila bubuk
1/2 sdt garam
1/2 kaleng SKM
200 gr blueband
30 gr wijsman (saya pake margarin semuanya)
3 lembar daun jeruk purut


Langkah

Rebus santan dengan daun jeruk nipis dan garam sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat suam-suam kuku dan siap digunakan. Setelah hangat masuukan susu kental manis. Aduk rata
Kocok telur dan gula hingga mengembang, kemudian masukkan bahan kering (terigu, ragi, dan vanila bubuk) dan santan hangat ke dalam adonan kocokan telur, secara bergantian. Bisa dikocok pelan dengan mikser.
Setelah itu masukkan blueband dan wijsman yang sudah dicairkan. Kemudian diamkan selama 1 jam. Setelah 1 jam adonan akan mengembang
Panaskan cetakan langsung di atas kompor tidak perlu alas. Setelah cukup panas masukan adonan 3/4 tinggi cetakan, krn adonan akan mengembang. Setiap kali akan memasukkan adonan ke dalam cetakan, adonan harus diaduk-aduk supaya tidak banyak gas-nya.


Oh yah kalo mau kasih toping bisa langsung dimasukkan setelah adonan sudah masuk ke pangganggan.
Tutup cetakan dan biarkan matang, saya sarankan sih pake api sedang-kecil jgn terlalu besar
Jadi sebanyak ini nihh, abaikan yg hangus krn sibuk jeprat jepret adonan pertama yg udah matang, jadinya angus deh adonan keduanya yg msh di panggang 😆tapi msh enak kok heheheh






Popular Posts

Followers