Bolu Kukus 6 Bahan Empyuk Lembyut by Ribka Arini



by Ribka Arini

Bolkus oh bolkus..#abaikan bentuk mekar nya yg gk karuan..wkkk. tapi tekstur mu empuk dan murce bahan.. bikin nagih. beberapa hari pun bebikin terus karena rasa kangen sama jajan jadul nya ini lum ilang2 juga. entah kenapa kok lum bosen2 juga. nih dah hari ke 3 bikin. hihihi.


Bahan-bahan
200 gr gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt SP/TBM
250 gr tepung terigu
150 ml air soda/ sprite
secukupnya pewarna


Langkah

Mixer gula, telur dan sp, dgn kecepatan tinggi/sedang hingga putih, mengembang. kurang lebih 10-15 mnt.
Turunkan mixer pd speed terendah. secara bertahap, masukan tepung bergantian dengan air soda, sambil dimixer hingga rata.
Panaskan kukusan dgn api besar
Kembali ke adonan : bagi adonan jd 2 ato 3 bagian, dan beri pewarna. masukan adonan per sendok per warna secara bergantian ke dalam cetakan hingga penuh.
Setelah kukusan beruap banyak, kukus adonan (kyrleb 15-20mnt), tutup dgn serbet agar air tak menetes.


Note : * pastikan telur nya suhu ruang, klo dr kulkas biarkan suhu ruang dulu. * pastikan kukusan telah beruap bnyk yah, biar maksimal mekarnya. * jangan buka tutup kukusan sebelum 15 mnt pertama. *air kukusan cukup stgh aja, sblm sampe batas garis nya. Biar dasar kue empuk n gk bantet kena air didihan nya


Cocok buat ngeteh pagi sore.. cemal cemil empukkk sampe ke dasar






Popular Posts

Followers