Kue Cucur Gula Merah by Imtsancaya



by Imtsancaya

Ini jajanan pasar kesukaan ayah, pengen deh coba buat tapi kok ngeri gagal nggak berserat, nekat deh. Alhamdulillah percobaan pertama sukses 🎉


Bahan-bahan
120 gr tepung beras
40 gr tepung terigu
120 gr gula merah sisir
2 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan
250 ml air


Langkah

Rebus air, gula dan daun pandan hingga mendidih. Angkat biarkan hangat suam kuku
Campur tepung kedalam wadah lalu masukkan larutan gula (jangan lupa disaring ya) sedikit demi sedikit tidak perlu sekaligus
Kalau dirasa adonan sudah cukup kental (tidak encer ya) tarik ulur atau bahasa jawanya diceplok-ceplok hingga 20 menit
Masukkan sisa larutan gula aduk rata sesekali dikocok dengan whisker. (Seharusnya adonan didiamkan dulu 40 menit malah saya pernah baca sampe 6 jam tapi saya langsung goreng hehe ✌)
Panaskan kurang lebih 6-7 sdm minyak goreng lalu masukkan satu cintung adonan (pake api kecil ya biar keluar seratnya) lalu siram siramkan minyak ketengah adonan
Saya pernah lihat kalo setelah itu cucur dibalik tetapi petuah dari sang papi kalo jangan dibalik nanti gak kelihatan seratnya. Dan ternyata bener lho lebih cantikan yang nggak dibalik, seratnya juga lebih kelihatan
Tiriskan. Sajikan


Jangan lupa diperes pake tisue dulu ya sebelum makan, nggak baik makan banyak minyak ✌😂




Popular Posts

Followers