Resep Pukis Kentang Menul Banget Resep Ibu by Kheyla's Kitchen



by Kheyla's Kitchen

Ahhhh ahirnya bs buka cookpad .. stelah 2 hari lmbur pagi malem bkin 12 jnis kue ntah brapa ribu biji kue πŸ˜΅πŸ˜΅πŸ™πŸ™bkinx sndrian aja fufhh ... untung ada yg bntuin bungkus kaka cwo" q dan 1 kk ipar q .. lainnya sibuk masak" dll ... ini slh satu jnisx .. Pukis ini paling enk mnurut lidah aq rasax tuh menul bukan kyk bolu gitu / jg g seret sma skali membal kyk spingbad kata tetangga q ...
Ini salah satu jajanan yg aq buat slamatan kmarin ... 2 hr ttp ok loh (edisi selamatan alm.nenek )


Bahan-bahan
500 gr terigu segitiga
250 gr gula pasir
2-3 butir telur
1/2 sdm fermipan / blh 1 saccet
1/2 sdt baking powder double acting
150 gr butter / mntega leleh
250 gr kentang kukus lembutkan
Sedikit garam halus
Sedikit vanily cair
2-3 gelas santan kental dari kelapa asli


Langkah

1 butir kelapa parut ambil santanx kurleb 3-4 gelasan.. rebus api kcil aduk" biar g pecah.. matikn api dinginkan..
Kupas kentang kukus.. haluskan (uleg)
BAHAN BIANG : ambil gelas kasih 1 sdm gula pasir.. + fermipan beri air hangat" kuku hingga menggenangi fermipan kurleb 1/2 gelas.. biarkan hingga ragi mengembang tinggi
Campur gula + telur kcok pakai wisk ckup sampai gula hancur g perlu sampai mngembang..
Masukan santan 2 gelas santan dlu + bahan biang + kentang + vanily + garam + BP + masukn tepung dikit"aduk hingga rata dan licin jngn bergerindil (blh aduk pake tngn biar enak) kalau terlalu kental tambah santan lgi ya dikit" aja jngn bnyak" nnti keenceran
Terahir masukan mntega leleh.. aduk rata.. tutup dlu sampai mengembang kurleb 30 mnitan ya / hingga mngembang
Panaskan cetakan dg api kecil... oles margarin.. kalo adonan udah ngembang.. (kalau ingin garis coklat diatasnya itu ambil 1 mangkok adonan beri pwarna coklat) stelh tuang adonan putih beri garis pakai adonan coklat tutup dan msak hingga matang
Foto seadanya ya kmarin sibuk buk buk bgt πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜„ maaf resep orabg tua rada ribet tp paling aq suka ya ini.. bnr" kyk springbad gurih wangi membal


Fotonya jelek... cetakannya ukuranx g yg besar sih mana ini udah di tumpuk" jdi bntukya dah blepotan.. bru smpt curi wktu buat fto









Popular Posts

Followers