Resep Onde Onde Ubi (onde onde mini tanpa isi) by Xenia Sari



by Xenia Sari

Critanya mo bikin donat Ubi, tpi berhubung fermipan nya abis gk jdi deh,di coba" bikin onde" aja yg tanpa pake isi biar cpet gk usah ribet bikin isian 😄😄😂😂,ini aq pke Ubi Ungu waktu proses bikin warnanya msih ungu cantik tpi pas setelah di goreng warna ungunya sdikit gk keliatan semua alias memudar hihihihi, lupa gk kepikiran pdhl bisa di tmbah pewarna ungu yaa biar warnanya gk pudar 😅😂,tpi gk apalah lain kali bikin aq tmbahi pewarna ungu hihihi,, klau soal rasanya enak bnget apalagi bikinnya dri Ubi weeuuww papolit ane nih 😙😙, dan gk terlalu manis jg yg sperti ada isinya, rasanya pas deh menurut lidah ku hehe, oh ya bisa jg pke Ubi selain warna ungu ya 😀


Bahan-bahan
100 gram Ubi Ungu
100 gram tepung beras ketan
25 gram tepung Tapioka
25 gram gula pasir / gula castor
sejumput Garam
50-75 ml santan hangat
secukupnya wijen
sedikit air untuk pencelup


Langkah

Cuci bersih Ubi,kukus smpai empuk dan matang, lalu haluskan panas", setelah itu diamkan biar dingin

Di wadah campur tepung beras ketan + tepung Tapioka + gula pasir tambahkan Ubi yg sudah di haluskan tdi tuang sedikit demi sedikit santan hangat, aduk rata dan uleni smpai adonan terasa pas dan bisa di bentuk / di pulung (jangan tuang semua santan nya, klau udah terasa pas, stop jngan di tuang lagi). Ambil sdikit adonan, bulat"kan sesuai selera (kalau aq di timbang @20 gram man), celupkan bulatan onde" ke air lalu gulingkan ke wijen



Siapkan wajan dngan minyak agak banyak (smpai onde"bisa terendam semua saat di goreng), nyalakan api sedang cenderung kecil, gk perlu nunggu panas ya langsung masukkan onde"nya biar bisa matang merata jg bagian dalam nya dan jg tdak cepet gosong.goreng hingga matang



Ini hasilnya setelah di Goreng bisa bulat cantik.. 😂😂



Ini bagian dalam nya yaa.. Enaknya, empuk rasa Ubi nya masih terasa.. Alhamdulillah temen" bilang jg enak.. Hihihi seneng banget deh 😍😍😘😘




Popular Posts

Followers