Resep Klepon by Ashalinaqueen



by Ashalinaqueen

Udah beberapa hari ini pengen makan klepon, sempet beli tapi kurang puas, niatannya pengen bebikin sendiri tapi ditunda melulu 😁
Nah, tadi pagi coba iseng2 bikin klepon sendiri, gugling resep kebanyakan pakai air kapur sirih. Saya penasaran apa sih sebenernya fungsi air kapur sirih disini? Coba gugling lagi dan menemukan beberapa jawaban, katanya bisa bikin renyah (kalo mau bikin keripik sejenis), bisa bikin klepon ga terlalu kenyal, adonannya lebih keset, yah beragam jawaban, BOLEH gugling sendiri kalo masih penasaran ya 😁
Karena saya ga punya kapur sirih, akhirnya gugling lagi buat cari resep klepon tanpa air kapur sirih, nemulah resep yang sedikit berbeda di blog JTT yang resepnya diadaptasi dari buku Ny.Liem, kebetulan stok bahannya ada dirumah (kecuali si daun pandan, susahnyee dapetin ini), langsung eksekusi ga pake lama dan jadi deh klepon kita^^
* ini jadinya sekitar 12 buah klepon ukuran standar ya*
Source: blog Jtt


Bahan-bahan (3 porsi)
125 gr tepung ketan putih kualitas baik
100 ml santan hangat
1 sdt pasta pandan / sesuai selera
1 sdm minyak sayur
1/2 sdt garam / sesuai selera
50 gr gula merah (sisir untuk isian)
100 gr kelapa setengah tua (kupas dan parut)
Air untuk merebus


Langkah

Siapkan tepung ketan di dalam wadah.


Campur santan+pasta+garam dan aduk.


Tuang sedikit demi sedikit campuran santan kedalam tepung, tambahkan minyak sayur dan aduk sampai adonan kalis. (Hentikan penggunakan air santan bila adonan sudah kalis/tambahkan air bila belum kalis).


Ambil sejumput adonan, bulatkan dan pipihkan, masukan gula merah secukupnya, tutup dan bulatkan perlahan jangan sampai pecah.


Rebus klepon didalam air yang sudah didihkan, tunggu sampai mengapung lalu angkat dan tiriskan.


Balur kelepon kedalam parutan kelapa. (Kelapa dikukus sebentar dengan menambahkan sedikit garam supaya kelapa tidak cepat basi).
Resep asli menggunakan 50 ml air pandan + 50 ml santan. (Cara membuat air pandan : 50 gr daun pandan + 100 ml air, blend dan saring).





Popular Posts

Followers