Resep Cream Puff by Xanderskitchen



by Xanderskitchen

Kita dirumah paling sukaaa sama kue sus aka choux pastry aka cream puff. Makan dingin2 nyeess 😋😋 Kalo di jkt paling seriing beli di beard papa's. Gimana ga beli mulu wong tiap mau masuk xxi pasti ngelewatin counter nya beard papa's 😂😂😂 dan kita hampir tiap minggu nonton. Kebayang lah boros nya, beli ngga cukup 10 bj 😄😁 sejak itu coba2 bikin sendiri cari resep kira2 mana yang paling mendekati rasanya beard papa's 😁 bisa dibilang sy berhasil ya...anak2 n suami bilang enaaak, ga usah beli lagi deh 👏👏👏 masalahnya kebanyakan nyoba2 resep sy suka lupa ini tuh resepnya siapa 😂🙈 krn jarang sekali sy bikin resep kulit dan vla dr 1 resep biasa sy combine, kulitnya resep si A dan vla nya resep si B 😂😄 malesnya sy suka ga nulis ga salin resep jd lupaa ini tuh vla nya sapa ya , kulitnya sapa 😥 tp kurang lebih sih hasilnya mirip2 kog krn bahan dasarnya kan sama aja mau resep lokal atau luar. Kali ini sy bikin sus pake resep French master pastry chef Pierre Herme...layak dicoba 👍👍


Bahan-bahan (6 porsi)
125 gr susu cair
125 gr air
115 gr butter
140 gr tepung terigu (sy pake kunci biru)
1/4 sdt gula
1/4 sdt garam
5 butir telur


Langkah (60 menit)

Di dalam panci campur air, susu, butter, gula dan garam. Masak sampai berbuih



Masukkan tepung terigu, aduk cepat. Kecilkan api teruskan mengaduk



Dalam waktu singkat campuran susu dan terigu akan membentuk gumpalan teruskan mengaduk tidak perlu khawatir jika di bagian bawah panci terlihat ada lapisan kerak, memang begitu seharusnya. Masak diatas api minimal 2 sampai 3 menit utk mengeringkan adonan sampai adonan terlihat halus dan lembut



Pindahkan adonan ke baskom lain. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok dg mixer



Jangan khawatir jika pd saat memasukkan telur pertama, adonan spt terpisah2 teruskan mengocok adonan akan kembali menyatu menjadi adonan yg lembut. Adonan sus tidak terlalu kental tidak terlalu encer apabila kita angkat adonan akan membentuk segitiga terbalik seperti ini. Krn kelembaban tepung berbeda2 sangat mungkin pemakaian telur tidak sampai 5 btr, bisa kurang. Diperhatikan saja adonannya, jika sudah seperti di foto ini jangan tambahkan telur lg



Segera masukkan adonan kue sus kedalam plastik segitiga / piping bag yg sudah dilengkapi spuit bintang. Cetak di loyang yg sudah dioles mentega, mau alasin kertas roti boleh. Kemarin sih sy ngga 😂😂 males gunting2



Oven kue sus sampai matang di oven yg sudah dipanaskan lebih dulu. Ingat jangan sekali2 membuka pintu oven pd saat tengah memanggang. Kue sus bakal langsung kempes. Tanda nya kue sus matang kalo buih2 di kue sus sudah hilang semua



Penampakan kue sus yg sudah matang. Kulitnya renyah wangiii butter, dalamnya berongga dan lembut. Makan kulitnya aja udah enaaak bangeett 😁😄



Tinggal di isi vla deh. Suka2 vla nya apa. Kalo sy sih suka nya vanilla rum. Rum nya yg banyaaak sampe mabok 😁😄 mau di isi vla durian juga bisa tergantung selera



Ini sebagian foto kue sus yg sy bikin. Sy isi dg vla green tea, vanilla rum. Semuanya enaak2. Sy sih banyak stock foto kue sus krn sering bikiiin 😁 kadang bikin jg ga di foto lg krn udah keseringan bikin sih. Makannya dingin2 dimasukkin kulkas dl. Yummy 😋😋 makan 3 juga ngga cukup 😂





Popular Posts

Followers