Kue Cucur by Diyah Kuntari



by Diyah Kuntari

Source : mba ita Dapur griya khayangan
Saya modif gulanya pake gula merah dan airnya pake air santan. Kalo pengen cucurnya berwarna lain ganti saja gulanya pake gula pasir dan airnya diganti air pandan suji atau pasta pewarna makanan lain..selamat mencoba


Hasil jadi: 19 porsi
Bahan-bahan
500 ml air santan (1 bks kara 65ml+air)
2 lembar daun pandan potong2
300 gram gula merah
250 gram tepung beras
50 gram tepung terigu
1 sdt garam
Minyak untuk menggoreng


Langkah

Rebus santan, gula & pandan, setelah gula larut, angkat & biarkan hangat


Saring air gula, tuang sedikit2 aja air gulanya ke dalam baskom berisi tepung beras, terigu & garam sambil diaduk dgn whisker. Lakukan terus pengadukan sampai air gulanya habis dimasukin. (Diresep aslinya dikeplok sampai 20 menit tp kalo saya g nyampe 20menit.saya jg ngga didiemin dulu 6 jam jd lgsg proses penggorengan)


Adonannya encer ya


Panaskan wajan khusus penggorengan jelek jg gpp hehe maksudnya yg udah biasa dipake buat nggoreng..kenapa? Krn biar ngga lengket kuenya. Saya pake wajan yg ukuran kecil..Tuang 5-6 sdm minyak ke dalam wajan..tambil 1 sendok sayur lalu tuang ketengah wajan. Goreeng dgn api kecil.


Sirami/tetesi bagian tengah cucur dgn minyak panas yg ada di wajan pake sutil. Setelah matang angkat dan tiriskan di kertas


Bikin lg cucurnya..sesekali minyaknya ditambah sampai volume 5-6 sdm ya..jd ngga sedikit & ngga kdebanyakann




Popular Posts

Followers