Bakwan Sayur Udang by Hanhanny



by Hanhanny

Lagi pengen makan bakwan tpi yg dicetak plus ada udang nongkrong diatasnya 😄
ingat nostalgia jmn dlu saat masih SD,mama pernh jualan bakwan model bgini atau ote2 kmi nyebutnya dsini,biar rapi nyetaknya pke sendok khusus bakwan,gagangnya panjang dari kayu biar ngga panas,tpi klo ngga punya pke sendok sayur jg bisa,tpi biasanya lebih mlengket,jd sblum dipke rendam dlu diminyak,baru tuangi adonan bakwannya.
utk cocolannya pke sesuai selera aj,klo aq biasanya pke sambel kacang atau sambel tomat,anget2 ndesss bget 😋


Bahan-bahan
150 gr udang segar uk.sedang
200 gr tepung terigu
Secukupnya Air matang
2 lembar kol iris tipis
1 buah wortel potong korek api
6 batang buncis potong2 kecil
50 gr kecambah kecil
1 butir telur
1 batang daun bawang
2 batang daun seledri
Minyak Goreng
bumbu halus :
6 siung bamer
4 siung baput
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gulpas
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
Secukupnya Garam


Langkah

Bersihkan Udang,buang kepalanya tpi tidak usah dikupas.
Dalam Wadah Masukan sayuran2 yg sdah dipotong2,telur,tepung terigu,bumbu halus,tuangi air skupnya aduk rata,sampai adonan terasa pas (tidak encer tidak kental)
Panaskan minyak,rendam sbntar sendok sayur/cetakan baru dituangi adonan,taruh udang diatasnya dgn ditekn sdikit agar udang ngga lepas saat digoreng,celupkan kminyak,diamkn sbntar lalu goyang2kan sendok/cetakan biar bs trlepas,klo lengket bntu diungkit dgn sendok 😁
lakukan hingga slesai.
Goreng dgn api sedang,bila sudah matang dan berwarna coklat kekuningan,angkat tiriskan.
Sajikan Hangat dgn Cocolan Sambel Atau Cabe rawit.
Inilah penampakan sendok/cetakan bakwan yg saya pke,bakwan nya pasti rapi,belinya dipasar tradisional,mkin sering dan lama direndam diminyak goreng mkin bgus,ngga lengket saat dipke.






Popular Posts

Followers