Resep Sempol Ayam by hanhanny




Baru pertama kali membuat camilan ini,setelah melihat poto dan resep mlik mba sukmawati di IG,tertariklah diriku untuk mencobanya dan nyontek resepnya dgn sdikit modif dibagian tepungnya,diresep mb sukma memakai 150 gr tepung tapioka aku ganti jadi 100 gr dan mnmbhkn 50 gr tepung terigu biar ngga bgitu kenyal khas tapioka ,secara sisempol ayam ini lagi hits dijagat jajanan dan camilan indonesia mengalahkan sementara pamor cilok dan cireng hahaa...biasanya dijual oleh abang2 keliling atau nongkrong dkat sekolah2,tapi ya gitu deh hati2 klo beli jajanan plgi murah meriah,blom bisa trjamin kualitas bahan dan kebersihannya,jadi mending bikin sendiri dirmh plgi utk ibu2 yg punya anak kecil & balita.
Oya kembali ke sempol ayam,terutama utk cara menusuknya,ada beberapa cara,bisa dibulat2kan dulu baru digoreng,udah matang baru dipakein tusuk sate,jadi lidinya ngga ikut digoreng,ada yg langsung memakai lidi panjang,sempol dicelupkan keminyak goreng panas dgn posisi kebawah dan kita memegang lidinya,biasanya pke penggorengan ky panci dan minyak gorengnya harus banyak bget.
Nah cara berikutnya yg kupake nih,sempol direkatkan dilidi,potong sedikit lidinya yg awalnya panjang biar muat masuk wajan (aq pke wajan bulat teflon ) direbus dan digoreng brsama lidinya hehe..aman ngga copot dan lepas dari merebus hingga digoreng.
Untuk Rasanya,enak kaya bakso ayam goreng 👍 so..selamat mencoba yaa...



Bahan-bahan

    250 gr daging ayam (saya ambil bagian dada)
    100 gr tepung tapioka
    50 gr tepung terigu segitiga biru
    4 siung bawang putih
    3 sdm bawang merah goreng
    1 butir telur ayam
    1 batang daun bawang
    1 batang daun seledri
    Tambahkan :
    secukupnya Garam,gulapasir,kaldububuk dan merica
    Bahan pencelup :
    1 butir telur kocok lepas
    Secukupnya Air untuk merebus
    Minyak untuk menggoreng
    secukupnya Tusukan sate

Langkah

    Haluskan daging ayam (saya mnggunakan food processor) bersama bawang putih,bawang goreng,telur ayam,masukan sedikit2 tepung,gulagaram,kaldu bubuk dan merica aduk jadi satu sampai semua trcampur rata,terakhir potongan daun bawang dan daun seledri ratakan aduk lagi sbntar.

    Diresep ini tidak menggunakan air ya utk adonannya krena mnurut saya sudah pas teksturnya.

    Pindahkan kewadah,rebus sedikit adonan untuk cek rasa,klo sudah pas baru ambil secukupnya adonan rekatkan ketusuk sate dgn cara dikepal2kan pelan agar menempel kelidi,bntuk lonjong memanjang atau sesuai selera,lakukan hingga slesai,oya beri telapak tangan dengan sdikit olesan minyak goreng agar adonan tidak lengket saat dibentuk.

    Didihkan air,rebus sempol ayam kurleb 20 atau hingga matang,angkat tiriskan.

    Celupkan kedalam kocokan telur,goreng dgn api sedang hingga kuning kecoklatan.

    Sajikan Hangat Sempol Ayam dengan cocolan saos sambel ataupun sambel lain sesuai selera.


Popular Posts

Followers