Resep Donat Empuk Tanpa Ulen by Xanderskitchen


by Xanderskitchen

Bahan-bahan
250 gr terigu cakra + 250 gr segitiga
2 bh kuning telur
1 bh putih telur
200 ml air kurang lebih
1 sdm fermipan
2 sdm full butter ( wijsman )
3 sdm gula
sedikit garam

Langkah
Di baskom campur semua bahan. Garam jgn langsung kena fermipan taro di sisi berlainan. Aduk rata. Bulatkan jd satu. Jika adonan terlalu lengket tambahkan sedikit terigu ditangan kemudian bentuk bulat. Diamkan. Tutup baskom dg lap

Setelah 30mnt - 1 jam tergantung cuaca kalo panas biasa 30 mnt adonan sdh mengembang. Foto dibawah ini adonan yg mulai mengembang



Setelah adonan mengembang 2x lipat, tonjok adonan. Kempeskan. Bagi adonan menjadi bulatan2 beratnya sekitar @ 40 -50gr. Letakan di alas yg sudah ditaburi tepung spy tidak lengket. Diamkan sekitar 30 mnt atau sampai mengembang




Panaskan minyak diatas wajan. Ambil adonan donat yg sdh mengembang, bolongi bagian tengahnya. Sy tdk pakai alat cukup menggunakan jari telunjuk 😁 langsung masukkan donat yg sudah dilubangi ke dalam minyak

Goreng donat sampai kecoklatan , cukup 1 kali balik saja. Tanda donat sempurna adalah lingkar putih menyerupai cincin pd donat. Angkat. Tiriskan minyak



Donat siap diberi topping sesuai selera. Kalo sy sih sukanya gula halus aja 😁 bisa dilihat pada foto dibawah ini. Donat nya bener2 halus, empuk ngga beda dr donat yg diulen. Tp donat ini jgn diinapkan ya pasti keras lah, kan tanpa kentang tanpa ulen. Dimaklumin ya...kalo buat sekali makan ok


Resep Lumpia Sayur Ebi by Xanderskitchen


by Xanderskitchen

Bahan-bahan
2 btg wortel potong korek api
1 bh bengkuang uk kecil potg korek api
2 btg daun bawang diiris halus
secukupnya kulit lumpia, garam, gula, merica, air

Bumbu yg dihaluskan :
5 btr bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdm ebi rendam air panas, tiriskan

Langkah
1. Bengkuang dan wortel potong korek api. Sisihkan
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan bengkuang dan wortel aduk rata
3. Tambahkan sedikit air, garam, gula, merica. Masukkan daun bawang. Aduk rata
4. Masak cukup sampai matang tp sayuran tidak lembek. Angkat
5. Siapkan selembar kulit lumpia, isi dg sayuran. Gulung. Rekatkan ujung kulit lumpia dg sedikit air
6. Goreng sampai kulit lumpia berwarna kecoklatan dan renyah

Tips : jika saat menumis, bengkuang terlihat banyak mengeluarkan air tidak perlu ditambahkan air lagi

Resep Donat sate (modifikasi killer soft bread) by Xanderskitchen



by Xanderskitchen

Bahan-bahan
260 gr terigu (sy pakai cakra + segitiga perbandingan suka2)
40 gr butter
2 bh kuning telur + susu cair berat total 160 - 180gr
30 gr gula pasir
3 gr fermipan
sejumput garam
Coating : gula donat + cinnamon powder aduk rata (jumlah kira2 sesuai selera)


Langkah
Campur bahan kering, tuang telur dan susu pelan2 jgn sekaligus. Ulen rata tambahkan butter uleni, lihat adonan jika kering tambahkan sisa susu jika sudah cukup berhenti jgn dituang semua. Uleni sampai kalis elastis


Bagi2 timbang adonan sesuai selera (sy bagi @20 gr krn sy bikin donat sate) bulatkan. Fermentasi



Setelah mengembang sempurna. Goreng donat sampai matang. Kalo setelah digoreng di donat tidak ada garis putih seperti cincin melingkar berarti adonan donat belum siap digoreng ya. Diamkan sebentar lg



Dinginkan donat. Setelah donat tidak panas, balur donat dg campuran gula donut + cinnamon powder (jumlah gula dan cinnamon powder kira2 aja sesuai selera) kemudian tusuk donat dg tusukan sate


Resep Martabak Isi Kentang Daging Ayam by Wahyu Faddila



by Wahyu Faddila

Bahan-bahan
Bahan Kulit :
150 gram Tepung Terigu Serbaguna
50 gram Mentega Tawar
100 ml Air
1/2 sdt Garam

Bahan Isi :
200 gram Daging Ayam, rebus dan suwir-suwir/potong dadu
2 batang Daun Bawang, iris
1 batang Daun Seledri, iris
1 buah Bawang Bombay, cincang
150 gram Kentang, kukus dan potong dadu kecil
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Merica
1/2 sdt Kaldu Bubuk
4 butir Telur, ukuran besar

Bahan Kuah Cuka :
4 sdm Cuka
150 gram Gula Merah, sisir
100 gram Gula Pasir
1 sdt Garam
1/2 buah Timun, potong kecil
100 gram Cabe Rawit Hijau
1 siung Bawang Putih, cincang halus
5 buah Bawang Merah, cincang kasar
1/2 sdt Merica
Secukupnya Minyak Sayur/Goreng


Langkah
Campur semua bahan kulit, ayak hingga kalis. Bagi menjadi 2 bagian, bulatkan adonan. Rendam adonan kedalam minyak sayur/goreng selama 5 jam.

Setelah 5 jam angkat adonan. Ambil 1 bagian, pipihkan.

Campur semua bahan isi menjadi satu, aduk rata.

Panaskan Minyak masukkan adonan yg sudah dipipihkan kedalam wajan datar untuk martabak(saya menggunakan frypan ukuran besar), taruhkan 1/2 bagian isi pada bagian tengah kulit dan ratakan. Lipat adonan martabak menyerupai bentuk amplop goreng dengan menyiram-menyiramkan minyak keatas martabak. Goreng hingga kuning kecokelatan dan matang.

Untuk bahan kuah : campur semua bahan kuah cuka kecuali timun, masak hingga mendidih. Angkat dan masukkan timun. Sajikan.

Resep Pisang Epe Gula Merah by Wahyu Faddila



by Wahyu Faddila

Bahan-bahan
12 buah Pisang Kepok
30 gr Margarin, untuk olesan

Bahan Saus Gula Merah :
200 gr Gula Merah
3 lembar Daun Pandan
500 ml Air
3 sdm Gula Pasir
1/4 sdt Garam

Langkah
Pipihkan pisang sedikit dan olesi margarin pada kedua sisinya hingga rata.

Bakar pisang atau bisa dipanggang pada teflon datar/frypan sampai terdapat warna bakaran sambil terus dibolik-balik. Sisihkan.

Campur semua bahan saus gula merah, masak hingga mendidih dan gula larut sempurna.

Siramkan pisang dengan saus gula merah. Sajikan.