Resep Kue Kacamata




Bahan:
1 kg singkong (pilih yang bermutu baik), parut
100 g gula pasir
1 sdt garam
1/8 sdt vanili
125 g kelapa, parut memanjang
2 buah pisan gtanduk
Pewarna hijau, khusus untuk makanan
Pewarna merah, khusus untuk makanan
Daun pisang
Tali

Cara membuat:
Kukus pisang tanduk sampai matang, kupas, sisihkan.
Campur singkong, gula pasir, garam, vanili, dan 75 g kelapa parut. Aduk sampai rata.
Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian diberi pewarna merah dan sisanya diberi pewarna hijau.
Ambil daun pisang, letakkan adonan merah dan hijau bersebelahan. Pipihkan.
Letakkan pisang tanduk di tengah adonan. Bungkus seperti membuat lontong, ikat kedua ujungnya dengan tali.
Kukus selama 30 menit. Angkat dan lepaskan dari daun pisang.
Potong setebal 2 cm. Taburi dengan sisa kelapa yang sudah diberi garam dan dikukus. Sajikan.
Untuk 25 potong


Sumber: Majalah Intisari

Resep Bubur Sumsum



Bahan: 
100 gr tepung beras
700 ml santan sedang
1/2 sdt garam

Cara membuat: 
Campur semua bahan sampai halus (kalo perlu saring).
Masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga kental

Pelengkap: Bubur Candil


Sumber: pbase.com/archiaston/image/85863960

Resep Bubur Rangrang



Katanya kalau bikin pake panci biasa, bisa ngabisin waktu 1 1/2 jam....!
Walah...buat saya, waktu sebanyak itu berharga banget, bisa beberes rumah, gosok baju seember...
Pake panci presto aja deh and tarraaaaa.....20 menit udah jadi!

Bahan: 
100 gr beras ketan
1500 ml santan encer
150 gr gula merah
1 lbr daun pandan
1 sdt garam

Saus, didihkan: 
500 ml santan
1 sdt garam

Cara membuat: 
Masukkan beras ketan dan 1000 ml santan ke dlm panci presto.
Masak hingga mendidih (sampai berdesis), kemudian kecilkan apinya.
Masak selama 20 menit.
Tunggu sampai tekanannya turun, kemudian buka tutup panci.
Sementara itu, masak 500 ml santan bersama gula merah, kemudian saring.
Masukkan larutan gula bersama daun pandan kedlm bubur, tambahkan garam.
Masak kembali bubur hingga kental, sambil diaduk2.
Sajikan bersama sausnya

Sumber: pbase.com/archiaston/image/75827401

Resep Centik Manis



Bahan: 
1 bks tepung hunkue (kira2 90 gr)
900 ml santan kental
150 gr gula pasir
75 gr biji sagu kering
3/4 sdt garam
daun pandan

Cara membuat: 
Rebus biji sagu hingga matang dan bening.
Masukkan kedlm air dingin agar tidak lengket, kemudian saring.
Rebus 700 ml santan bersama garam, daun pandan dan gula pasir hingga mendidih.
Sementara itu campur 200 ml santan bersama tepung hunkue hingga rata.
Angkat daun pandan, kemudian masukkan larutan tepung hunkue ke dlm santan yg tlh mendidih.
Masak dgn api kecil hingga menjadi adonan yg kental dan bening.
Cicipi rasanya. Angkat.
Masukkan biji sagu, aduk rata.
Siapkan plastik, beri 1 1/2 sdm adonan, kemudian bungkus.
(Pengerjaannya hrs cukup cepat, dlm keadaan adonan msh hangat/blm beku)
Bisa jg dimasukkan ke dlm cetakan2 kecil.
Dinginkan dlm kulkas.


Sumber: pbase.com/archiaston/image/77551246

Resep Kelepon Super Enak



Bahan, aduk rata: 
250 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
200 ml air matang (kurleb)
1 sdt pandan pasta
2 sdt air kapur

Isian: 
Gula merah secukupnya, disisir

Balutan, kukus sebentar:
Kelapa parut
Garam
Daun pandan

Cara membuat: 
Bentuk adonan tepung menjadi bulatan2, kemudian isi dgn gula merah.
Sementara itu didihkan air, kemudian rebus bulatan2 sampai mengapung.
Angkat kemudian gulingkan di atas kelapa parut

Note:
Kalau adonan masih terlalu kering, tambahkan air sedikit demi sedikit, cukup sampai adonan dpt dibentuk.
Isian gula merahnya jgn terlalu banyak, krn akan membuat adonan kulitnya gak matang.


Terima kasih: mbk Fatmah, NCC

Sumber: pbase.com/archiaston/image/74512609

Search This Blog

Loading...

Follow by Email

My Blogger TricksAll Blogger TricksTechtunes
Powered by Blogger.

- Copyright © Resep Aneka Jajan Pasar -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -