Resep Agar-Agar Gula Merah



Bahan :
1 bungkus bubuk agar (9 gr)
1100 ml santan
250 gr gula merah diserut (kalo tidak suka manis bisa 200 gr saja)
3 lbr daun pandan remas lalu diikat
½ sdt garam
3 butir kuning telur kocok sampai mengembang

Cara membuat :
Campur bubuk agar, santan, gula merah, daun pandan, dan garam aduk rata lalu masak sampai mendidih.
Ambil beberapa sendok sayur adonan agar panas campur dengan telur aduk rata, masukan ke adonan agar aduk rata masak lagi sampai mendidih.
Tuang dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air lalu dinginkan.
Siap untuk disajikan.

Sumber: asri78.wordpress.com

Resep Cilok Kenyal



Di rengat tak ada yang jualan cilok padahal pengen banget, resep aslinya sich cireng milik … tapi aku modifikasi .

Bahan:
200 gr tepung kanji
4 sdm munjung tepung terigu
1 btg seledri rajang halus
250 ml air panas

bumbu halus:
½ sdm merica bulat
1 sdm peres garam
2 butir bawang putih

pelengkap :
sambal pecel instant, saus sambal, kecap manis

Cara membuat :
-Campur tepung kanji, tepung terigu, dan irisan seledri aduk biar tercampur rata.
-Campur bumbu halus dengan air panas.
-Campur antara bahan tepung dan air berbumbu uleni sampai bisa dibentuk (sewaktu memasukan air sedikit demi sedikit ).
-Didihkan air lalu adonan dibentuk sebesar kelereng,masukan kedalam air mendidih sampai terapung, angkat.
-Biar hangat terus, taruh dalam dandang panas.
-Sajikan dengan sambal pecel beri sedikit saus sambal dan kecap manis.

NB: cilok ini rasanya terlalu kenyal mungkin kalo dimakan yang pakai gigi palsu bisa ngikut nanti tapi dijamin enak lho.

Sumber: asri78.wordpress.com

Resep Cilok ala Mbak Asri



Bahan :
200 gr tepung kanji
175 gr tepung terigu
2 btg daun bawang iris halus yang ijonya aja
2 sdm bawang goreng merah
1 sachet masako rasa ayam
1 ons daging ayam digiling halus
50 gr lemak ayam
½ sdm garam
air secukupnya

cara membuat:
- didihkan air masukan lemak ayam, garam, masako,masak sampai lemak larut.
-campur tepung terigu, tepung kanji, daun bawang aduk biar tercampur rata, kemudian masukan kaldu yang masih panas tersebut sedikit demi sedikit ke campuran tepung uleni hingga adonan bisa dibentuk sebesar kelereng lalu rebus sampai terapung biarkan agak lama, baru deh diangkat lalu kukus lagi didandang biar benar-benar matang. sajikan dengan sambal pecal instan atau saus sambal dan kecap

Sumber: asri78.wordpress.com

Resep Onde-Onde Ketawa




Bahan :
100 ml air
175 gram gula pasir (saya pake 150 gr aja)
1 butir telur
2 sdm minyak goreng
300 gram tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Didihkan air dan gula sampai gula larut. Dinginkan.
2. Kocok telur dan minyak sampai rata. Masukan sirup gula sedikit demi sedikit sambil dikocok rata (saya pake mikser speed rendah 2 – 3 menit)
3. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue sambil diayak dan aduk rata.
4. Timbang masing masing 10 gram, bentuk bulat (lebih kecil dari bola pingpong). celupkan kedalam air. Gulingkan di wijen
5. Panaskan minyak goreng. Goreng onde-onde hingga merekah dan matang (dikutip dari sitenya mbak lisa, makasih banget atas sharing resepnya mbak)

Sumber: asri78.wordpress.com

Resep Misoa Goreng



Bahan-Bahan:
300 gr misoa diseduh air panas, tiriskan
1 buah wortel ukuran besar diiris kotak kecil
1 btg daun bawang diiris halus
3 butir telur dikocok
Bumbu halus :
1 sachet masako rasa ayam
½ sdt merica secukupnya
3 butir bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt garam (dicoba dulu kalo kurang bisa ditambahin)

Bahan Lumuran:
2 butir telur dikocok
garam
Merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:
-Tumis bumbu halus hingga harum, matikan kompor.masukan misoa yang telah diseduh dengan wortel, daun bawang, dan telur kocok, diaduk hingga rata.
- Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi plastik dan dioles mentega.
- Kukus hingga matang (kurang lebih 20 menit), Biarkan dingin, baru dipotong-potong.
- Lumuri potongan misoa dengan telur yang telah dikocok, Goreng hingga kecoklatan.
- Sajikan dengan cabe rawit


Sumber: asri78.wordpress.com

Search This Blog

Loading...

Follow by Email

My Blogger TricksAll Blogger TricksTechtunes
Powered by Blogger.

- Copyright © Resep Aneka Jajan Pasar -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -